Asupan Makanan yang Baik untuk Penderita Diabetes

Penyakit diabetes yang merupakan penyakit metabolik yang menyebabkan seseorang memiliki kadar gula darah lebih tinggi, memiliki dua tipe yaitu dibetes melitus tipe 1 yakni tubuh tidak dapat memproduksi hormon insulin. Hormon insulin yaitu hormon yang memungkinkan sel-sel dalam jaringan lemak dan otot rangka bisa menyerap glukosa dari dalam darah. Sedangkan tipe 2 disebabkan karena gaya hidup, artinya tubuh pada penderita penyakit ini tidak dapat memanfaatkan insulin yang dihasilkan oleh pankreas dengan baik, sehingga menimbulkan resiko penyakit tingginya kadar gula darah ini. Hal tersebut disebabkan oleh gaya hidup kurang sehat yang dijalani setiap harinya, mulai dari konsumsi makanan, kurangnya waktu istirahat, serta tidak pernah berolahraga.

663x442-luka-tak-kunjung-sembuh-begini-perawatan-bagi-penderita-diabetes-1605231

Selain memeriksakan diri pada dokter secara teratur untuk pengontrolan terus menerus kadar gula darah, anda sebaiknya juga memenuhi asupan makanan yang baik untuk tubuh, serta tidak menyebabkan meningkatnya kada gula darah. Berikut ini asupan makanan yang dapat dikonsumsi.

  1. Bayam dan semua sayuran seperti selada serta brokoli baik untuk dikonsumsi, karena sifat sayuran yang rendah kalori serta rendah karbohidrat dan mengandung antioksidan membuatnya tetap ideal dan baik dalam pencegahaan penyakit kronis ini.
  2. Kacang – kacangan yang mengandung serat tinggi juga sangat penting dalam mengelola penyerapan glukosa, bahkan penelitian terbaru menunjukan jika kacang – kacangan dapat menurunkan resiko stroke dan mengatur pelepasan insulin dalam tubuh.
  3. Dibandingkan dengan kentang, ubi jalar ternyata dapat mengurangi kadar A1C hingga 0,5% sedangkan antioksidan dalam ubi jalar dapat membantu mencegah penyakit kronis mulai dari penyakit jantung koroner dan kanker. Di mana penyakit kronis tersebut merupakan penyakit yang beresiko tinggi bagi penderita diabetes.
  4. Putih telur mengandung protein dan karbohidrat yang sangat rendah, sehingga tidak mempengaruhi kadar gula darah, melainkan dapat mencegah tumbunya penyakit tipe 2.
  5. Ikan yang memiliki kandungan asam lemak omega 3 seperti salmon, mackerel dan ikan haring. Jenis – jenis ikan tersebut dapat mengurangi penyakit jantung, mencegah tingginya kadar gula darah. Protein dan asam lemak omega 3 pada ikan ini dapat memperlambat penyerapan karbohidrat, sehingga membantu tubuh untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Demikian asupan makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh para penderita diabates, anda dapat memilih makanan yang mana yang disukai dan konsumsi obat herbal, serta sekaligus dapat menjaga kesehatan dan terhindar dari berbagai penyakit kronis.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply